Mau tau soal arsitektur, arsitek, desain, interior, konstruksi?

Memuat...

Selamat Datang.......

selamat datang di dunia arsitektur dan interior...blog ini berisi tentang berbagai informasi seputar dunia arsitektur, desain, seni dan budaya. berbagai hal tentang teori desain bangunan dan lansekap juga diposting di blog ini. ulasan jejak rekam arsitek terkenal dan juga bangunan-bangunan hasil karyanya akan selalu dihadirkan di sini...so..check this out!!! selamat membaca...salam 

Sabtu, 08 Agustus 2009

I . M . P E I


I . M . P E I    A R S I T E K     D U A     D U N I A
 

 
BIOGRAFI
Ieoh-Ming Pei dilahirkan di Kanton, Cina, pada tanggal 26 April 1917. sebelum berimigrasi ke Amerika Serikat, ia meneruskan pendidikannya di Shanghai. Kemampuannya berbahasa Inggris, modal besar keberhasilannya kelak diperoleh ketika Pei bersekolah di sekolah menengah Saint John, sebuah lembaga Presbyterian. Sebenarnya, keluarga Pei mengharapkan ia berkarier di bidang kedokteran atau teknik.
Ketika berusia lima belas tahun, Pei lebih memusatkan perhatiannya pada permainan billiar. Di sela-sela permainan tersebut, Pei sering mengamati pembangunan Hotel Park berlantai 24 yang terletak bersebelahan dengan gedung billiar. Pembangunan hotel bertingkat di atas tanah yang berkondisi labil di kota Shanghai, membuat Pei muda sangat terkesan. Seketika itu juga, Pei merasa ditantang oleh petualangan dunia arsitektur. 
Pada usia 17 tahun, Pei berangkat ke Amerika Serikat untuk meneruskan pendidikannya di sekolah arsitektur pada Universitas Pennsylvania. Di Universitas ini, Pei agak tertekan karena kurikulum di sekolah tersebut lebih menekankan pada kemahiran menggambar dan studi sejarah arsitektur, sedangkan Pei menyadari keterbatasannya dalam ketrampilan menggambar. Inilah yang menyebabkan Pei memutuskan untuk hijrah ke Massachussetts Institute of Technology (MIT). Pei berhasil meraih gelar sarjana muda arsitekturnya dari MIT pada tahun 1940, tepat pada saat perang dunia II menghentikan berbagai pembangunan di setiap tempat. Dalam situasi tanpa pekerjaan dan prospek tak menentu, Pei melanjutkan studinya di Harvard Graduate School of Design. Pada tahun 1946 di bawah pengawasan Walter Gropius, seorang pakar arsitek modern, Pei berhasil memperoleh gelar sarjana arsitekturnya.
Di masa perang, Pei pernah bekerja pada US National Defence Research Commitee. Kesempatan akhirnya datang di tahun 1948, ketika developer ternama di kota New York, William Zeckendorf, mengajaknya bergabung dalam perusahaan real estatenya yang berskala internasional, Webb & Knapp, sebagai arsitek direktur. Sejak itu Pei terbang menjelajahi pesisir satu ke pesisir lain. 
Di tahun 1960, Pei meninggalkan Webb & Knapp untuk memulai perusahaannya sendiri, I.M. Pei & Partners. Keberhasilannya membangun berbagai proyek, I.M. Pei & Partners menjadi terkenal melalui gedung-gedung modern yang dibangunnya dengan keahlian yang cermat. Akhirnya pada tahun 1968, perusahaan milik Pei berhasil memenangkan penghargaan American Institute of Architects untuk kategori perusahaan.
Nama I.M. Pei & Partners sempat pula memenuhi halaman muka surat kabar-surat kabar dunia. Pada tahun 1964, Jacqueline, janda mendiang Presiden John F. Kennedy, memilihnya untuk mendesain The John F. Kennedy Library di Boston. Kesempatan ini merupakan saat yang menentukan dalam karirnya. Pemilihan itu telah merubah dirinya dari a nobody menjadi I’architect du roi (arsitek termasyur).
 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile