Mau tau soal arsitektur, arsitek, desain, interior, konstruksi?

Selamat Datang.......

selamat datang di dunia arsitektur dan interior...blog ini berisi tentang berbagai informasi seputar dunia arsitektur, desain, seni dan budaya. berbagai hal tentang teori desain bangunan dan lansekap juga diposting di blog ini. ulasan jejak rekam arsitek terkenal dan juga bangunan-bangunan hasil karyanya akan selalu dihadirkan di sini...so..check this out!!! selamat membaca...salam 

Sabtu, 08 Agustus 2009

G R A N D L O U V R E


 A R S I T E K T U R   G R A N D   L O U V R E
 
 
Diantara sekian banyak karya yang pernah dihasilkan Pei, Grand Louvre (1989), Paris, merupakan salah satu contoh gaya arsitekturnya. Terletak di jantung kota Paris, The Louvre, merupakan kebanggaan yang sekaligus pusat budaya terpenting bagi bangsa Perancis. Proyek politis ini disetujui oleh Presiden Francois Mitterand pada tahun 1981. 
Sekali lagi, Pei mendapat sebuah tantangan berat, mentransformasikan The Louvre. Tidak hanya memanfaatkan seluruh potensi bangunan, proyek ini juga harus dapat memecahkan masalah keterbatasan fasilitas yang ada. Dasar pemikiran proyeknya ini adalah mereorganisasikan bangunan menjadi sebuah bentuk U dengan titik pusat pada sebuah patio baru dan pintu masuk utama yang baru pula.
Pei kemudian membangun sebuah piramid kaca yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara ketiga sayap bangunan museum dan bangunan piramid. Selain memberikan area yang semula tidak dapat diberikan oleh museum yang asli, piramid ini juga berfungsi sebagai pintu masuk utama museum. Begitu masuk ke dalam bangunan piramid, para pengunjung akan menjumpai sebuah balkon besar berbentuk segitiga dan dapat menatap interior ruang depan sekaligus pemandangan luar yang menarik melalui dinding kaca piramid. Pei melengkapi area ini dengan tangga spiral menurun menuju runag depan.
Penempatan piramid kaca tepat di pintu masuk museum kebanggaan bangsa Perancis ini sempat menundang reaksi warga. “Pourquoi La Pyramide?” tanya mereka. Bagi Pei, bangunan piramid mencerminkan suatu bentuk klasik, sangat indah dan sangat fungsional. Bentuknya bersifat stabil dan strukturnya sederhana. Bentuk seperti ini memungkinkan untuk terciptanya suatu ruangan tertutup, tempat para pengunjung berkumpul.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile
Web Hosting