Mau tau soal arsitektur, arsitek, desain, interior, konstruksi?

Selamat Datang.......

selamat datang di dunia arsitektur dan interior...blog ini berisi tentang berbagai informasi seputar dunia arsitektur, desain, seni dan budaya. berbagai hal tentang teori desain bangunan dan lansekap juga diposting di blog ini. ulasan jejak rekam arsitek terkenal dan juga bangunan-bangunan hasil karyanya akan selalu dihadirkan di sini...so..check this out!!! selamat membaca...salam 

Minggu, 09 Agustus 2009

PEMAHAMAN FENG SHUI


PEMAHAMAN FENG SHUI
Di dalam pola pemikiran masyarakat Tionghoa, kehidupan di dunia ini dipengaruhi oleh 5 faktor, yaitu : takdir, keberuntungan, feng shui, filantropis, dan pendidikan. Pada saat sekarang ini feng shui bukan hanya dikonsumsi oleh masyarakat Tionghoa saja, tetapi telah lebih menasional, terbukti dengan adanya program acara TV, dan artikel koran yang membahas mengenai feng shui serta pengaplikasian feng shui pada bangunan-bangunan gedung di kota-kota besar.
Untuk dapat memahami feng shui, kita perlu tahu terlebih dahulu apa feng shui itu. Secara harafiah, feng itu berarti angin dan shui itu berarti air, kedua unsur inilah yang penting dalam geomansi Tionghoa, dimana kedua unsur ini dipercaya membawa energi kehidupan yang tak terlihat. Energi ini dapat berupa energi positif (Sheng Chi) yang menguntungkan dan energi negatif (Sha Chi) yang merugikan. Untuk dapat menanggulangi energi negatif inilah feng shui dipelajari sebagai suatu cara yang dapat membantu menciptakan lingkungan yang harmonis, sehat dan menguntungkan.
Feng shui adalah suatu ilmu pengetahuan lingkungan yang sederhana dan berdasarkan pada interprestasi alamiah yang memungkinkan orang Cina untuk menciptakan sistem natural yang efisien, dan juga mempelajari pergerakan energi yang menguntungkan. Setelah berabad-abad, interprestasi feng shui berkembang dan menyesuaikan diri dengan kebudayaan-kebudayaan lokal, sehingga dari masa ke masa menjadi lebih kompleks dan rumit. Dengan mengerti konsep dasarnya, maka kita dapat memilih desain, image dan simbol-simbol yang berarti dari kebudayaan kita untuk mendukung kita memperoleh kehidupan yang lebih baik.
Dengan adanya perkembangan feng shui dari masa ke masa, maka ada banyak aliran dan metode feng shui yang semuanya mengarah pada prinsip dasar feng shui, yaitu : untuk meningkatkan kehidupan menjadi lebih baik dan lebih baik lagi serta selaras dengan lingkungan. Sejauh ini terdapat dua aliran feng shui yaitu : aliran bentuk dan aliran mata angin, dimana keduanya telah menghasilkan presepsi dan teori-teori yang berbeda-beda. Feng shui aliran bentuk tergantung dari kekuatan pengamatan seseorang dan analisa dari seseorang akan kondisi lingkungan sekitar, sedangkan aliran mata angin memakai pendekatan yang lebih matematis dengan menggunakan kompas mata angin.
Feng shui di dalam dunia modern merupakan suatu intuisi yang menggabung-gabungkan pandangan, sehingga kita harus menyamakan pandangan kita terlebih dahulu. Dengan demikian, kita akan dapat meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar kita. Selain itu, untuk dapat memahami feng shui dalam dunia modern, kita perlu memperluas konsep ekosistem ini, termasuk di dalamnya aktivitas manusia, dampak dari kosmos (dalam hal ini suasana lingkungan sekitar), dan perkiraan konsekuensi keadaan lingkungan kita.




1 komentar:

  1. thanks for the info, visit us also to http://moelyhadjati.blogspot.com/ and http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.com/

    BalasHapus


Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile
Web Hosting