Mau tau soal arsitektur, arsitek, desain, interior, konstruksi?

Selamat Datang.......

selamat datang di dunia arsitektur dan interior...blog ini berisi tentang berbagai informasi seputar dunia arsitektur, desain, seni dan budaya. berbagai hal tentang teori desain bangunan dan lansekap juga diposting di blog ini. ulasan jejak rekam arsitek terkenal dan juga bangunan-bangunan hasil karyanya akan selalu dihadirkan di sini...so..check this out!!! selamat membaca...salam 

Kamis, 08 Maret 2012

The Badalona Sport Palace


The Badalona Sport Palace

Arsitek : Esteve Bonett and Fracese Rius

Lokasi : Badalona, Spanyol

Dibangun : selesai 1991

Olimpiade Barcelona 1992 di Spanyol telah membuka cakrawala baru pada urban development di Spanyol. Tidak hanya di kota-kota besar tetapi juga di kota kecil sekitarnya. Seperti halnya yang ada di Badalona yang masyarakatnya memiliki antusiasme yang besar terhadap olah raga bola basket. Untuk itulah mengapa Badalona dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan basket olimpiade Barcelona 1992.

The Sport Palace dibuat sebagai salah satu stadion baru bagi masyarakat Badalona dan bagi club basket setempat. Bangunannya dibuat mengikuti seni klasik kerajaan Roma khususnya bangunan Colliseum.

Yang menarik dari bangunan stadion ini adalah penataan tempat duduk penonton pada tribunnya. Tribun penonton dibuat berbentuk elips sebanyak 2 tingkat dengan sudut yang sangat baik sehingga membuat penonton memiliki kejelasan pandangan kea rah arena utama.

Toilet-toilet ditempatkan di bawah setiap pintu masuk agar memudahkan penonton. Sirkulasi cukup baik dengan adanya koridor yang mengeliling tribun di tiap lantai.

Struktur penutup atap yaitu dengan penggunaan balok baja yang panjang, dikombinasikan dengan penguat kabel dan menempatkan jendela-jendela sabagai penerangan alami di atap bangunan terlihat sangat ekspresif.

beberapa point yang dapat diambil :

  • Penerapan koridor yang mengelilingi tribun utama pada tiap lantainya.
  • Jendela-jendela penerangan alami.
  • Struktur balok baja yang unik.

Greater Manchester Exhibition and Event Centre.

The G-MEX centre, merupakan renovasi dari gedung Manchester Exhibition yang lama. Dibangun oleh gabungan Greater Manchester Council and Commercial Union Properties Ltd. Struktur aslinya tetap dipakai namun penutup atapnya diganti dengan aluminium sheet. Strukturnya menggunakan rangka baja yang melengkung setengah lingkaran menutup arena dan tribun penonton.

Luas lantai 10.350 m, digunakan untuk exhibition hall, pertunjukan seni atau olah raga tertentu.

Gedung ini juga dilengkapi fasilitas lain yang mendukung keberadaan gedung, seperti restaurant, perkantoran, pertokoan dan sarana rekreasi lainnya.

Masukan yang dapat diambil :

  • Penggunaan struktur rangka baja dengan bahan penutup atap aluminium sheet. Terlihat sederhana namun tetap menunjukkan ekspresi yang bagus.
  • Penggabungan kegiatan olah raga, seni, rekreasi dan perkantoran dalam satu kompleks.

1 komentar:

  1. Strange "water hack" burns 2lbs overnight

    At least 160k men and women are trying a easy and SECRET "liquids hack" to drop 2 lbs each night while they sleep.

    It's scientific and it works every time.

    Here's how you can do it yourself:

    1) Go grab a glass and fill it half full

    2) And now use this proven hack

    and be 2 lbs lighter in the morning!

    BalasHapus


Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile
Web Hosting